by

Mengenal Penyakit Jantung Koroner Sejak Dini

Sehat merupakan salah satu tujuan hidup bagi setiap insan yang hidup di dunia ini. Bahkan untuk sebagian orang tidak peduli seberapa besar biaya yang dikeluarkan demi mendapatkan kesehatan jasmani dan rohaninya. Sehingga penting bagi Anda menjaga kesehatan dari mulai melakukan hal yang kecil hingga hal-hal yang besar. Salah satunya menjaga kesehatan dari masalah jantung, yang merupakan organ vital manusia. Anda harus memperhatikan lebih keadaannya untuk memastikan keadaannya selalu sehat dan baik-baik saja terlebih masalah dan gejala awal penyakit jantung koroner.

Bagaimana Tanda-Tanda Penyakit Jantung Koroner Pada Manusia?

Jantung koroner merupakan salah satu penyakit pada organ jantung, dimana terjadi penumpukan lemak, kolesterol, atau zat-zat lain pada dinding pembuluh darah sehingga rongga pembuluh darah menyempit dan peredaran darah tidak lancar atau tidak normal. Bila Anda perhatikan bahkan penyakit yang satu ini merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk mengetahui atau mengenal gejala-gejala penyakit jantung koroner sejak dini sebelum menjadi suatu hal yang serius yang tidak Anda inginkan. Berikut adalah beberapa gejala awal penyakit jantung koroner.

  1. Cepat Terasa Lelah

Kesehatan antara satu orang dengan orang yang lain memang cukup berbeda termasuk juga dalam melakukan aktivitasnya. Bila kondisi sehat tentu melakukan banyak aktivitas bahkan yang berat sekalipun akan merasa lelah jika sudah terlalu lama dan terlalu sering. Namun bila tidak bekerja berat dan sering tapi badan terasa cepat sekali lelah dan juga disertai rasa cemas berkeringat maka ada indikasi terserang jantung koroner.

  1. Detak Jantung Tidak Stabil

Jantung koroner disebabkan adanya timbunan dalam pembuluh darahnya. Keadaannya ini tentunya akan menghambat kelancaran dari peredaran darah sehingga detak jantung pun menjadi tidak stabil karena keluar masuknya darah tidak menentu.

  1. Nyeri Pada Dada dan Punggung

Nyeri dada dan punggung biasanya dapat disebabkan banyak hal memang, tidak hanya dari penyakit jantung koroner saja. Namun bila dua gejala diatas disertai dengan nyeri dada dan punggung maka hal itu juga mengindikasi gejala penyakit jantung koroner. Terjadi karena pemompaan darah begitu keras dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri.

Tiga hal tersebut merupakan gejala awal penyakit jantung koroner pada awal terjadinya penyakit. Bila dibiarkan terus menerus memungkinkan akan terjadi hal-hal yang lebih serius dan fatalnya bisa menyebabkan kematian. Yuk segera periksakan kesehatan Anda sebelum Anda telat menyelamatkannya!

Related posts: