by

Melatih Anak Agar Tidak Mengompol

Mengompol merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh anak-anak. Jika sudah begini, para ibu bisa geleng-geleng sendiri. Mengompol atau Nocturnal Enuresis bisa muncul tanpa disadari. Biasanya hal ini terjadi pada malam hari. Untuk usia bayi dan balita, mengompol memang menjadi hal yang biasa. Namun, bagaimana kalo hal ini masih berlanjut hingga umur anak-anak? Dari kebanyakan kasus, 1 dari 3 anak berumur 5 tahun masih mengompol dan 10% dari anak-anak usia 6 hingga 7 tahun juga masih mengalami kebiasaan ini. Sebagai orang tua, tentunya Anda bisa membantu menghilangkan kebiasaan ini. Mulai dari membiasakan diri ataupun memberikan bantuan ramuan.

Cara Melatih Anak Agar Tidak Mengompol

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan anak di atas usia 7 tahun masih mengompol. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah adanya faktor psikologis atau keturunan, faktor produksi air kemih dan Hormon Vasopressin, adanya keterlambatan pada proses pematangan sistem saraf, dan masih banyak lainnya. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kebiasaan ini adalah dengan melakukan terapi sendiri di rumah. Pertama, Ibu bisa memastikan bahwa sang anak telah mendapatkan asupan cairan yang sangat cukup. Pastikan anak Anda telah meminum lima hingga enam gelar air setiap harinya.

Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, susu coklat, minuman bersoda, dan minuman yang bersifat diuretik.

Kedua, Ibu juga bisa mulai membiasakan sang anak untuk minum 30 menit sebelum ia tidur. Setelah itu, pastikan anak buang air kecil menjelang waktu tidurnya. Hal ini akan membantu keadaan kandung kemihnya menjadi kosong saat tertidur. Ketiga, jangan membiasakan anak untuk mengenakan popok saat tertidur. Hal ini justru akan membiarkan anak secara tidak langsung untuk baung air kecil di celana. Keempat, Ibu juga bisa memberikan terapi untuk menguatkan kandung kemih. Anda bisa melatih sang buah hati untuk menahan untuk buang air kecil selama beberapa menit. Hal ini akan merangsang pikiran anak untuk lebih waspada buang air kecil pada malam hari.

Related posts: