by

Langkah Cermat Investasi Saham Untuk Pemula

Pasar saham memang tidak ada matinya. Bagi Anda yang ingin mencari kesuksesan pada ladang saham, ada baiknya untuk memperhitungkan dan mempelajari saham dengan baik dan mendalam. Tidak ada yang salah dengan pemula yang ingin terjun ke dalam pasar saham. Namun, pastikan Anda memiliki langkah yang tepat dan cermat. Ada beberapa langkah yang harus dipelajari untuk lebih mengenal kondisi pasar saham yang ada. Bagi Anda yang pemula, tentunya menjadi hal wajib untuk mengetahui kondisi saham di Indonesia. Dari langkah ini maka Anda bisa dengan mudah membuat keputusan yang tepat untuk mencari kesuksesan di pasar saham.

Langkah Awal Untuk Investasi Saham

Ada beberapa langkah yang harus Anda pastikan sebagai pemula dalam permainan saham di Indonesia. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah karakteristik dari pasar saham yang ada di Indonesia. Perlu digaris bawahi bahwa IHSG memang sangat dipengaruhi oleh kondisi-kondisi eksternal Indonesia. Ditambah lagi dengan adanya kasus Subprime Mortgage pada tahun 2008 yang membuat dana-dana dari Negara maju mengalir begitu saja ke beberapa Negara berkembang. Untuk itu, rajin-rajinlah untuk memeriksa kondisi bursa di DJIA (Dow Jones Index Average), NYSE (New York Stock Exchange), ataupun MSCI-Emerging Market. Selain itu, mempelajari psikologis trader Indonesia juga menjadi hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Karena naik dan turunnya saham salah satunya disebabkan adanya pola pikir dari para trader.

Untuk itu, ada baiknya mempelajari analisis teknikal saham sebelum memulai transaksi apapun.

Pepatah “membeli kucing dalam karung” bisa dihindari dalam pasar saham ini. Ada baiknya Anda telah mengetahui benar tentang perusahaan yang akan dibeli. Gali lebih dalam tentang perusahaan tersebut hingga ke akar. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan Anda memiliki data tiga tahun terakhir untuk menjadi bahan pertimbangan. Selanjutnya, Anda juga harus memastikan kondisi keuangan dari investor itu sendiri. Kunci utama untuk selalu dipertimbangkan adalah jangan sampai menghutang untuk membeli saham di pasar modal karena akan sulit nantinya.

Related posts: